Sabtu, 06 Oktober 2012

MODEL DATA RELATIONAL


MODEL DATA RELATIONAL



Pada postingan sebelumnya saya mempostingkan mengenai ER DIAGRAM. Saya akan mengulas sedikit mengenai ER DIAGRAM. ERD atau kepanjangan dari Entity Relationship Diagram merupakan suatu model yang digunakan untuk menjelaskan hubungan antara data dalam sebuah basis data yang disusun berdasarkan objek-objek dasar pada data yang memiliki relasi. Untuk menggambarkannya digunakan notasi dan simbol. Pada ERD ini hanya ada tiga simbol yang menjadi dasar dan biasa digunakan, yaitu entiti, atribut, dan relationship. Lambang dari entity adalah persegi panjang, lambang atribut adalah elips. Nah kembali ke materi model data relational. Pada postingan yang satu ini saya akan memostingkan mengenai model data relational. 

  • DEFINISI  MODEL DATA RELATIONAL
Model data relational dapat diartikan sebagai suatu model dimana suatu database disajikan sebagai satu tabel dan bisa juga dalam bentuk relasi. Nama serta kolom tabel digunakan guna melaukan interpretasi dan juga membantu interpretasi nilai dari setiap nilai pada tiap barisnya. Nah pada model data relational ini, model data akan meletakan datanya dalam bentuk relasi. Setiap tabel memiliki struktur yang hampir sama dengan ER Database. Model data relational memiliki keuntungan yaitu bentuknya yang sederhana serta dalam model data relational operasi data dapat dilakukan dengan mudah. Contoh model dari basis data itu sendiri adalah model basis data hirarki, network dan model basis data relational. 

Dalam materi kali ini, saya akan menjelaskan beberapa istilah yang berkaitan dengan materi kali ini. Misalkan saja relasi, attribute, tuple, domain, degree serta cardinality.
>> RELASI          Relasi  dapat diartikan sebagai tabel yang terdiri dari beberapa kolom serta beberapa baris. Relasi dapat menunjukan adanya hubungan antar entitas yang berasal dari himpunan entitas yang berbeda. Pada setiap relasi pasti memiliki schema yang menjelaskan nama relasi serta atribut dan juga tipenya.>> ATTRIBUTE             Merupakan kolom yang ada pada setiap atau sebuah relasi>> TUPLE              Baris yang terdapat pada sebuah relasi dan merupakan kumpulan elemen yang saling berkaitan dalam menginformasikan entitas>> DOMAIN             Merupakan kemungkinan nilai yang dapat diterima oleh atribut>> DEGREE            Merupakan jumlah atribut yang terdapat dalam relasi>> CARDINALITY             Merupakan jumlah pada tuple pada relasi

  • RELATIONAL KEY
Dalam relational key, terdapat lima jenis yaitu super key, candidate key, primaey key, alternate key, dan foreign key, a. Super Key          Merupakan satu atribut yang mengidentifikasi tupel dengan unik dan didalam relasi. Contoh dari super key ini adalah NIM, nama, alamat pada tabel mahasiswa. 
b. Candidate Key           Merupakan atribut yang terdapat pada relasi yang memiliki keunikan tersendiri. Misal candidate key pada tabel  tersebut adalah NIM, nama,alamat.
c. Primary Key             Merupakan suatu bagian candidate key yang dipilih guna mengidentifikasi tupel secara unik pada sebuah relasi.
d. Alternate Key               Merupakan suatu candidate key yang tidak dipilih sebagai primary keye. Foreign Key               Atribut dengan domain dan menjadi kunci utama dalam sebuah relasi namun apabila pada relasi lain atribut tersebut hanya sebagai atribut biasa.

  • BATASAN - BATASAN INTEGRITAS 
Merupakan suatu batasan yang diberikan kepada suatu relasi. Batasan - batasan integritas akan ditetapkan ketika schema didefinisikan. Dan akan dicek ketika relasi-relasinya dimodifikasi ataupun dimanipulasi. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar